Dinsdag 16 April 2013

Cara Mudah Install Driver Printer Canon IP2770 Di Linux Ubuntu


Berawal dari saya yang pindah haluan dari pengguna Windows menjadi pengguna linux Ubuntu, saya kebingungan bagaimana caranya agar printer Canon iP2770 saya bisa berkomunikasi dengan linux Ubuntu saya. Akhirnya setelah searching Google, saya mendapatkan software driver printer Canon iP2770 linux version dari DewaBayu27. Allhamdulillah bisa saya terapkan. :) Dan pada kesempatan ini saya akan berbagi ilmu bagaimana menginstall driver printer Canon iP2770 di linux Ubuntu. Saya menggunakan Notebook Dell Inspiron 14R Core i3 dengan OS Ubuntu 10.10 saat ini, sebelumnya saya juga pernah memakai Ubuntu 10.04, dan software driver ini masih kompatibel dengan dua versi tersebut. 

Berikut langkah-langkah bagaimana proses menginstall driver tersebut : 
  1. Download dahulu driver printer iP2770 melalui :  Download via 4shared.com,Download via mediafire.com
  2. Selanjutnya silahkan buka console, di Ubuntu disebut terminal. Kemudian extract file dengan login sebagai root dan jalankan perintah berikut ini : #tar -zxvf cnijfilter-ip2700series-3.30-1-i386-deb.tar.gz
  3. Jika sudah, disini masih menggunakan console/terminal, masuk ke direktori hasil extract file tersebut, dan untuk menginstallnya silahkan jalankan perintah berikut :#./install.sh 
  4. Pada tahap ini silahkan colokkan usb printer Canon iP2770 Anda dalam keadaan hidup, karena driver akan mencari hardware printer untuk bisa berkomunikasi. Yang penting ikuti instruksi dari proses penginstallan tersebut sampai selesai. Mudah kan teman-teman? :) Insya Allah, Anda sudah bisa menggunakannya untuk print dokumen. :)
Cara lain yang lebih mudah :
  1. Setelah Anda mendownload file driver Canon iP2770, silahkan extract file tersebut dengan cara kilk kanan pada file, kemudian pilih extract
  2. Selanjutnya buka folder hasil extract-kan tersebut, dan cari file yang bernamainstall.sh
  3. Klik kanan file install.sh tersebut, kemudian masuk ke propertis dan pilih permissions, kemudian check saja "Allow executing file as program" kemudian di close.
  4. Siapkan printer dalam keadaan hidup dan colokkan usb ke PC atau Notebook Anda.
  5. Tahap selanjutnya, double klik file install.sh tersebut, dan pilih "run terminal"
  6. Ikuti instruksi dari proses installasi driver tersebut. Kemudian Anda bisa menggunakannya untuk keperluan print dokumen Anda. Mudah kan? :) Insya Allah cara ini yang paling mudah daripada cara yang di atas tadi.hmmmmm :) 
Saya sengaja menjelaskan dengan dua cara agar teman-teman yang membutuhkan menjadi lebih jelas dan mempraktekkannya menjadi lebih mudah :) Selamat mencoba teman, semoga SUKSES...!!!
Regards,

1 opmerkings:

  1. thx masbro...
    working 100% simple dan gampng..
    btw lau untuk menginstall software2 bawaan IP2770 gmn caranya ?
    apa masbro punya untuk versi linux ?

    AntwoordVee uit